Selamat datang 2019!

Setelah berhenti menulis selama hampir 4 tahun, saya mulai membangkitkan kembali kebiasaan saya untuk menulis. Seperti yang kita sadari dan ketahui bersama, menulis merupakan salah satu kebiasaan baik yang dapat membantu kita mendalami apa yang menjadi buah pikir kita. So guys, apabila kita mempelajari suatu hal baru atau mengalami sesuatu hal yang baru, tulislah. Trust me…

So, saya akan sedikit mereview tahun 2018 yang telah saya lalui dalam kapasitas saya sebagai pimpinan di Docotel semoga ada yang dapat di petik.

Tahun 2018 adalah tahun yang penuh tantangan bagi kami di Docotel. Total hampir 550 pegawai yang harus di manage merupakan suatu tantangan tersendiri. Banyak sekali hal yang perlu dilakukan agar perusahaan ini dengan seluruh pegawainya dapat memiliki Visi, Misi & Filosofi yang sama. Karena hanya dengan demikian perusahaan dapat tumbuh.

Talenta-talenta terbaik harus dapat didatangkan untuk membantu perusahaan terus naik ke level yang lebih tinggi. Komunikasi dan Kolaborasi menjadi sangat penting sehingga asumsi bisa kita hindari. Asumsi membuat disharmonisasi dan kekacauan, harus kita hindari sepenuhnya.

Berbicara mengenai Talenta, perusahaan harus bisa attract kandidat terbaik melalui berbagai cara termasuk melakukan branding perusahaan yang kuat. Saya sangat bersyukur, tahun 2018 kami berhasil mendapatkan beberapa talenta baik untuk membantu kami menyongsong tahun 2019 yang lebih baik. Tantangan mengenai talenta belum selesai sampai disini karena mempertahankan talenta yang baik tidak kalah pentingnya. Tips mempertahankan Talenta di Docotel akan coba saya kupas pada posting yang lain.

Tahun 2019 adalah tahun perubahan bagi Docotel maupun bagi saya secara pribadi (Menunggu lahirnya anak kedua). Di Docotel, Docotel telah berhasil meyakinkan beberapa talenta-talenta terbaik untuk bergabung. Salah satunya adalah Vijay Sarashetti, untuk mengisi posisi strategis sebagai Chief Strategy Officer.  Dengan pengalamannya lebih dari 30 tahun di dunia Perbankan di US dan world view knowledge-nya yang luas membuat kami semua bersemangat untuk menunggu gebrakan-gebrakan beliau di tahun 2019 tentunya di level strategis. Saya juga akan membagikan beberapa hal yang menarik yang telah Vijay lakukan bagi perusahaan di 2 bulan membantu Docotel untuk melakukan perubahan ke hal yang lebih baik.

Perubahan bukan hanya terjadi pada level CxO, tetapi perubahan mengarah ke sesuatu yang lebih baik akan terjadi di semua lini. Mulai dari restrukturisasi struktur organisasi, branding, strategi bisnis perusahaan, kultur perusahaan, strategi rekrutmen perusahaan hingga DNA dan Filosofi perusahaan. Yang pasti tahun 2019 kami akan melakukannya dengan sangat agresif, dengan disiplin tinggi tetapi Fun.

Sepertinya saya cukupi dulu untuk postingan pertama di awal tahun yang penuh tantangan ini. Semoga tidak membosankan dan dapat memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.